Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Lingkup Bisnis

Sebuah perusahaan terdiri dari departemen yang berbeda yang melaksanakan tugas-tugas khusus untuk menghasilkan produk atau jasa. 

Departemen ini mungkin dalam produksi, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, akuntansi, teknik atau pengadaan. Setiap departemen memiliki tanggung jawab dan tujuan masing-masing. Makalah ini akan fokus pada departemen pemasaran.

Pengertian Ruang Lingkup Bisnis




Sebuah bisnis dimulai dengan sebuah tujuan, yang merupakan alasan keberadaan Perusahaan. Departemen pemasaran harus mengidentifikasi pasar sasaran dan mengembangkan rencana untuk mencapai pasar sasaran. 

Rencana pemasaran meliputi anggaran, target pasar, target harga dan target media. Departemen pemasaran menggunakan penelitian untuk mengembangkan dan menguji rencana pemasaran.

Setelah rencana pemasaran siap, itu perlu dilakukan. Bagian pemasaran melaksanakan rencana pemasaran dengan memilih pasar sasaran, mengembangkan iklan, membagikan materi promosi dan merencanakan distribusi produk. 

Bagian pemasaran juga mengevaluasi hasil kegiatan pemasaran mereka untuk merevisi rencana pemasaran sesuai kebutuhan.

Ini akan membahas berbagai tahapan perusahaan, apa yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses, dan berbagai cakupan bisnis.

Untuk menjalankan bisnis yang sukses, penting untuk memiliki semua departemen yang bekerja sama. Departemen pemasaran harus bekerja sama dengan departemen lain untuk mengembangkan rencana bisnis, memilih dan menargetkan pasar, merencanakan dan mengoordinasikan promosi produk dan mengevaluasi hasil kegiatan pemasaran.

Tujuan perusahaan adalah alasan keberadaannya. Departemen pemasaran harus mengidentifikasi pasar sasaran dan mengembangkan rencana untuk mencapai pasar sasaran. 

Rencana pemasaran meliputi anggaran, target pasar, target harga dan target media. Departemen pemasaran menggunakan penelitian untuk mengembangkan dan menguji rencana pemasaran. Setelah rencana pemasaran siap, itu perlu dilakukan.

Lingkup bisnis adalah berbagai kegiatan yang dilakukan bisnis untuk menghasilkan pendapatan, kerugian, dan keuntungan. 

Bisnis harus mengidentifikasi target pasar mereka, mengembangkan pemahaman tentang bagaimana pelanggan berperilaku, memahami produk apa yang mereka inginkan dan butuhkan serta membuat rencana pemasaran yang sesuai.